arthemismusic.com

TEruslah Berlari

Bentuk apresiasi dilakukan terhadap pelanggan setia kereta api (KA) sekaligus meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kereta api. PT Kereta APi Indonesia (Persero) atau KAI memberlakukan tiket KA dengan tarif Rp 0,- alias gratis!

KA Galunggung yakni kereta api ekonomi yang melayani penumpang dengan korelasi Kiaracondong-Tasikmalaya (PP). Terdiri dari enam unit kereta ekonomi dengan mempunyai kapasitas 636 kawasan duduk. Nah, bagi bung yang ingin menikmati perjalanan tanpa biaya ini berlaku selama masa uji coba 26 Desember 2018 hingga 25 Januari 2019.

“Meskipun gratis, calon penumpang tetap harus mempunyai tiket yang sanggup didapatkan di loket stasiun lintas, 7 hari sebelum keberangkatan,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dilansir dari Liputan 6.

Kartu identitas yang berlaku juga wajib di bawa oleh penumpang ibarat KTP, SIM atau Paspor. Kuota kawasan duduk pada KA Galunggung sebesar 100 persen. Dengan arti, apabila kapasitas kawasan duduk telah penuh maka KAI akan menutup layanan ‘pembelian’ tiket KA Galunggung. Orang pengantre sanggup melaksanakan transaksi pembelian maksimal empat buah tiket. Dan tiket gratis KA Galunggung tidak sanggup diubah jadwal.

Sementara itu, untuk keberangkatan tanggal 26 Januari 2019 dan seterusnya, KAI menetapkan tarif sebesar Rp 35.000,- untuk jarak terjauh (>58 km) dan Rp 25.000,- untuk tarif parsial (0-58 km). Nama kereta ini diambil dari nama Gunung yang berada di Kabupaten Tasikmalaya. Gunung yang mempunyai ketinggian 2.168 m dml (di atas permukaan laut) ini merupakan salah satu gunung berapi aktif yang ada di Jawa Barat.