Uncategorized

Untuk Menelusuri Uang Hasil Korupsi, Joko Widodo Akan Menggandeng Salah Satu Negara Di Eropa

Pemerintahan Jokowi sangat serius untuk memerangi korupsi. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan bila Presiden Joko Widodo dalam waktu bersahabat akan menandatangani janji dengan Swiss soal penanganan Korupsi. Pemerintah Swiss akan diajak kolaborasi bertujuan untuk menelusuri uang korupsi hingga tindak pidana pencurian uang, target utamanya sudah niscaya yaitu koruptor Indonesia.

Pemerintah tidak beri toleransi pada koruptor yang melarikan uang korupsi ke luar negeri,” kata Moeldoko dilansir CNNIndonesia.

Moeldoko menyampaikan bahwa selama ini banyak uang para koruptor yang dilarikan ke luar negeri menyerupai negara Swiss. Kemudian banyak publik yang tidak tahu perihal bank-bank di Swiss, alasannya yaitu kerahasiaanya yang terjaga. Meskipun demikian, pemerintah menjelaskan bila secara spesifik belum menargetkan oknum tertenu melalui kolaborasi dengan Swiss.

Tidak spesifik menyerupai itu tapi setidaknya semua paham sebagian besar uang pelariannya ke sana,” ujar Moeldoko.

Diketahui bila Swiss dianggap menjadi nirwana bagi penyimpanan dana dunia karena menjamin privasi. Sejumlah perkara korupsi dan pembersihan uang diberitakan banyak melibatkan perbankan negara tersebut.  Misalnya, perkara pembersihan uang yayasan Malaysia, 1MDB, yang melibatkan eks Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. Seorang bankir Swiss dipenjara selama tujuh bulan dalam perkara itu di Singapura.