Uncategorized

Sepanjang 2018, Komisi Pemberantasan Korupsi Kembalikan Uang Negara Sebanyak 500 Miliar Rupiah

Agus Rahardjo menyatakan bila Komisi Pemberantasan Korupsi telah mengembalikan uang sebesar Rp 500 milliar ke kas negara sepanjang tahun ini. Agus selaku ketua dari KPK menyampaikannya dalam paparan kinerja simpulan yang dilansir dari Liputan 6. Total uang yang berjumlah milliaran tersebut didapatkan dari hasil lelang, barang sitaan hingga pengembalian lain dari masalah tindak pidana korupsi maupun tindak pidana pembersihan uang TPPU.

“Lebih dari Rp 500 miliar telah dimasukkan ke kas negara dari penanganan perkara. Untuk TPPU senilai Rp 44 milliar” ujar Agus.

Penanganan tindakan korupsi di tahun 2018 yang dilakukan KPK, paling banyak soal masalah penyuapan. Ada 152 masalah masalah penyuapan yang masuk dalam catatan KPK. Sementara masalah TPPU hanya sebanyak enam perkara, di sisi lain masalah yang cukup banyak ditangani yaitu masalah pengadaan barang atau jasa yakni 17 perkara.

Apabila dirunur dari tingkat jabatan, anggota dewan perwakilan rakyat atau DPRD dinyatakan paling banyak terjerat berdasarkan Agus. 91 masalah yang disusul 50 masalah yang melibatkan pihak swasta.  Apabila ditotal, tim penindakan KPK sepanjang tahun ini telah melaksanakan 157 acara penyelidikan, 178 penyidikan dan 128 penuntutan. .

“Itu sudah juga melaksanakan sanksi terhadap 102 putusan pengadilan yang telah berkekuatan aturan tetap,” kata Agus.